Jumat, 02 Agustus 2013

Profil UKM Seni & Budaya Talas

         Teater Talas berdiri pada tanggal 8 september  tahun 1990 di Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar. Pada persil jazirah selatan kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Nama talas diambil dari lokasi kampus Universitas Muhammadiyah Makassar di jalan Talasalapang. Talasalapang adalah nama sembilan pohon tala’ (Bahasa : Makassar) pohon lontar yang kini masih berdiri kokoh dan tumbuhnya sudah ratusan tahun, dan jika diartikan dalam bahasa makassar, Talas ( Tallasa’ ) berarti kehidupan. Teater Talas merupakan cikal bakal dan terbentuknya lembaga seni kampus pada tanggal 29 september tahun 2000 yang bernama Unit Kegiatan Mahasiswa Seni dan Budaya Talas Universitas Muhammadiyah Makassar ( UKM SB Talas ) yang dirintis oleh Muh. Thahir  M, S.Pd., Muh. Zia Ul Haq, S.Pd., dan  Faidhul Adziem, SE.
Ketua umum Talas periode pertama Muh. Thahir (2000/2001), periode Ke-dua Suhartono Kadir (2002/2004), periode Ke-tiga Abdul Majid (2004/2006), periode Ke-empat Asruddin Galang (2006/2008), periode Ke-lima Turaihan Ajehuri (2008/2009), periode Ke-enam Ansar Pratama (2009/2010), priode Ke-tujuh Ashar Abu Chair (2010/2012), periode Ke-delapan Saharuddin (2012/2014).
Sejak berdiri, UKM Seni dan Budaya Talas proaktif terhadap berbagai aktivitas kesenian seperti menyelenggarakan regenerasi melalui perekrutan anggota baru dalam bentuk workshop arts (Pelatihan Dasar Kesenian). Penelitian dan pengembangan SDM berbagai bidang kesenian. Selain aktivitas tersebut, kini Talas menjadi labolatorium  dan ruang apresiasi dosen pembina mata kuliah apresiasi dan pengkajian puisi & sastra, baik bahasa & sastra Indonesia maupun Bahasa & Sastra Inggris baik di lingkup Universitas Muhammadiyah Makassar maupun luar Unismuh. Selain rutinitas di atas, Talas pun proaktif terhadap kegiatan pembinaan dan pendampingan kelompok-kelompok teater pelajar di berbagai daerah di Provinsi Sulawesi Selatan. UKM SB Talas selain memiliki fungsi edukasi juga memiliki fungsi sosial seperti usaha-usaha kemandirian untuk pengembangan kesejahtraan anggota baik yang masih aktif maupun yang sudah alumni dengan mengembangkan kewirausahaan berbasis civil suciety, landscape, Advertising, gardening, dan uasaha lain yang bersifat social contributes.
Saat ini Talas telah Berumur 13 tahun. Diusia yang telah beranjak dewasa Talas matang dalam berkarya dibuktikan dalam beberapa prestasi baik lokal maupun Nasional bahkan Internasional. UKM Seni dan Budaya Talas terus berbenah diri agar dapat memperkenalkan Seni dan Budaya Indonesia khususnya Budaya Seni Sulawesi Selatan di dunia Internasional.  Terbukti di tahun 2012, UKM SB Talas berhasil mewakili Indonesia ke ajang Festival teater di Colombo, Sri langka bersaing dengan beberapa negara-negara lain di dunia.
“Seni dan Budaya tumbuh berkembang mengalir laksana air mengisi segala ruang setiap waktu dalam keteguhan berprinsip” kalimat ini merupakan motto dari UKM SB Talas dan juga menjadi spirit bagi anggotanya untuk terus bekerja keras dalam melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya Indonesia.
Talas terdiri atas tujuh bidang kerja seni antara lain teater, sastra, tari, musik/voice, film, photograpy, rupa&desain.

1 komentar:

  1. bos... saya konfirmasi, banyak salah tulis terutama tahun periode, tolong dibaca dulu baru diposting..thanks

    BalasHapus